Sejumlah Pintu Air di Solo Diperbaiki Antisipasi Banjir

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) pemerintah kota setempat melakukan perbaikan dan pengecekan kembali kondisi pintu air yang ada sebagai upaya persiapan dalam mengantisipasi datangnya banjir pada musim hujan.

“Dari hasil persiapan tersebut, DPU memastikan kondisi pintu air di daerah rawan banjir dalam kondisi bagus tanpa kendala,” kata Kepala Bidang (Kabid) Drainase DPU Pemkot Surakarta Arif Nurhadi di Solo, Selasa.

Ia mengatakan memasuki musim hujan ini yang menjadi prioritas yakni kesiapan pompa air, baik itu pompa air portabel maupun pompa air nonportabel. Selain itu, DPU juga sudah melakukan sejumlah perbaikan pintu air. Perbaikan kni sudah dimulai beberapa waktu lalu.

“Kalau prioritas kami dalam menghadapi musim hujan ini ya kesiapan pompa-pompa dan juga pintu-pintu air yang ada. Kita memastikan bahwa semuanya harus ready (siap),” katanya.

Ia mengatakan saat ini hampir semua pintu air menjadi fokus pemantauan sebagai antisipasi terjadinya banjir. Mulai dari pintu air Demangan, Gandekan, Joyontakan, Kedung Belang, Putat, dan juga pintu air lainnya.

Arif menambahkan, untuk kondisi pintu air, semuanya sudah siap. Seperti pintu air Gandekan yang bagian bawahnya rusak juga sudah dilakukan perbaikan. Dengan adanya perbaikan ini, air tidak akan lagi kembali masuk ke pemukiman warga saat pompa dioperasionalkan.

Selain persiapan di sejumlah pintu air dan pompa, DPU juga sudah menyelesaikan pengerukan sedimentasi di kawasan talut Gajah Putih. Pengerukan sedimentasi sendiri yakni untuk mengembalikan volume Kalianyar, sehingga air dari atas bisa tertampung sepenuhnya di Kalianyar.

“Kalau untuk pengerukan sedimentasi sudah kita lakukan di sekitar talut Gajah Putih, dan ini juga sudah selesai,” katanya. (Sumber)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses